-->

Sabtu, 28 Juli 2012

KATAKAN "TIDAK!!!"

Dalam beberapa training motivasi dan seminar yang pernah saya ikuti, beberapa pembicara mengatakan kalau kita sebaiknya tidak mengatakan kalimat negatif. Misalnya jika anak kita bermain pisau, untuk melarangnya kita tidak dianjurkan untuk mengatakan "Jangan main pisau!", atau "Tidak boleh nakal", "Jangan cengeng". 

Alasannya adalah otak manusia tidak akan menerima kalimat nagatif. Kalimat "Jangan main pisau" akan ditangkap otak "Main pisau", "Tidak boleh nakal" akan ditangkap "Nakal", "Jangan cengeng" akan ditangkap "Cengeng".

Sebagai orang awam, saya tidak tahu apakah hal tersebut sudah dibuktikan melalui eksperimen atau belum. Saya tidak tahu bagaimana melarang orang untuk tidak merokok misalnya. Apa kalimat yang bisa dipakai untuk menggantikan "Dilarang merokok" atau "Jangan merokok", "Tidak boleh merokok". Mungkin "Merokok bisa mengganggu kesehatan, mengakibatkan kanker, serangan jantung, impotensi, dan gangguan kehamilan dan janin".

Lalu bagaimana dengan kalimat syahadat yang merupakan pintu masuk islam "TIDAK ada ilah kecuali Alloh dan Muhammad rasululloh".  Dan larangan-larangan dalam agama (Al Quar'an) diantaranya "JANGAN menyekutukan Alloh", "JANGAN sekali-kali mendekati zina", "JANGAN berkata 'uff' pada orang tua".

Dan .....yang saya yakini adalah sebaik-baik perkataan adalah kalam Alloh, dan sebaik-baik petunjuk adalah petunjuk Rasululloh Muhammad SAW.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar