-->

Selasa, 28 Agustus 2012

Lima Pondasi ISLAM (Rukun Islam)

1. Shahadah, shahadah merupakan pintu untuk masuk Islam: “Ašhadu ‘al-la ilaha illallah wa ‘ašhadu ‘anna muhammadan rasulu-llah”, yang artinya “Aku bersaksi bahwa tidak ada ilah kecuai Alloh SWT dan aku bersaksi bahwa Muhammad SAW adalah rasul Alloh SWT" . Pernyataan ini merupakan dasar keimanan dan peribadatan dalam Islam. Seorang muslim mengucapkan shahadah ini dalam sholatnya, sedangkan seseorang yang bukan muslim harus mengucapkan kalimat shahadah ini apabila ia akan memeluk Islam.

 2. Sholat, sholat harus didirikan lima kali sehari dalam waktu yang telah ditentukan. Setiap melaksanakan sholat menghadap kiblat (Ka'bah di Mekah). Sholat dimaksudkan untuk memfokuskan pikiran kepada Allah, dan dipandang sebagai komunikasi dengan Nya sebagai rasa syukur dan ibadah.  Sholat merupakan kewajiban bagi seorang muslim yang sudah baligh, bahkan dalam keadaan sakit atau pada saat perang. Oleh karena itu, dalam mendirikan sholat sangat fleksibel, tergantung keadaan. Orang yang tidak bisa berdiri bisa mendirikan sholat dengan duduk, atau dengan tiduran bagi yang tidak bisa duduk. Bagi yang masih diperjalanan bisa mendirikan sholat dikendaraan tanpa harus menghadap ke arah ka'bah.

3. Zakat. Zakat adalah kewajiban seorang muslim yang mampu, untuk mengeluarkan harta dengan jumlah tertentu. Zakat diberikan kepada golongan yang berhak menerimanya.

4. Puasa di bulan Ramadhan. Saat puasa tidak boleh makan, minum dan melakukan hal-hal yang membatalkan puasa. Ada beberapa kelompok yang tidak wajib puasa dalam bulan Ramadhan, tetapi harus mengganti dengan puasa di luar bulan Ramadhan atau membayar fidyah.

5. Haji. Haji ialah menuju ke Baitullah dan tempat-tempat tertentu untuk melaksanakan amalan-amalan ibadah tertentu pula. Yang dimaksud dengan temat-tempat tertentu dalam definisi diatas, selain Ka'bah dan Mas'a(tempat sa'i), juga Arafah, Muzdalifah, dan Mina. Yang dimaksud dengan waktu tertentu ialah bulan-bulan haji yang dimulai dari Syawal sampai sepuluh hari pertama bulan Zulhijah. Adapun amal ibadah tertentu ialah thawaf, sa'i, wukuf, mazbit di Muzdalifah, melontar jumrah, mabit di Mina, dan lain-lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar