-->

Senin, 07 September 2015

BEBERAPA HADIS KEUTAMAAN SHOLAT SUBUH DAN ASHAR

Sholat berjamaah di masjid sangat dianjurkan bagi kaum muslimin laki-laki. Akan tetapi sekarang ini banyak kaum muslimin yang enggan untuk sholat berjamaah di masjid. Sampai-sampai ada ungkapan waktu subuh belum bangun dari tidur, waktu dhuhur masih berkerja, waktu ashar masih perjalanan pulang dari kerja, waktu maghrib masih istirahat menghilangkan penat sehabis bekerja, dan waktu isya' shudah tertidur.  Padahal banyak sekali keutamaan-keutamaan sholat berjamaah di masjid. 
Pada kesempatan kali ini hanya akan disampaikan beberapa hadis keutamaan sholat subuh dan ashar berjamaah di masjid.


1. Dimasukkan ke dalam surga. 
Dari Abu Musa r.a. bahwasanya Rasululloh sholallahu 'alaihi wa salam bersabda: "Barangsiapa mengerjakan dua sholat dingin (sholat subuh dan sholat ashar, niscaya ia masuk surga." (HR. Bukhori dan Muslim).
 
2. Deselamatkan dari siksa api neraka.

Dari Abu Zuhair (Umarah) bin Ruwaibah r.a. ia berkata : Saya mendengar Rasululloh sholallahu 'alaihi wa salam bersabda : "Tidak akan masuk neraka seseorang yang melakukan sholat sebelum terbit matahari (subuh) dan sebelum tenggelam matahari (asar)." (HR. Muslim).

3. Berada dalam tanggungan Alloh.

Dari Jundub bin Sufyan r.a. ia berkata : Rasululloh sholallahu 'alaihi wa salam bersabda : "Barangsiapa mengerjakan sholat subuh, maka ia berada dalam tanggungan Alloh, maka waspadalah hai anak Adam! Alloh tidak sekali-kali menuntut sesuatupun dari tanggungan-Nya." (HR. Muslim).

4. Disaksikan oleh para Malaikat.

Dari Abu Hurairah r.a., ia berkata : Rasululloh sholallahu 'alaihi wa salam bersabda : "Berganti-ganti datang kepada kalian malaikat penjaga malam dan malaikat penjaga siang. Mereka berkumpul pada waktu subuh dan ashar. Kemudian naiklah para malaikt yang menghabiskan malam bersama kalian. Lalu Alloh (Yang Maha Tahu) bertanya pada mereka : "Bagaimana kalian tinggalkan para hamba-Ku itu?". Para malaikat menjawab : "Kami tinggalkan mereka dalam keadaan sedang sholat dan kami datang kepada mereka dalam keadaan sedang sholat."" (HR. Bukhori dan Muslim).

5. Mendapat kenikmatan bisa melihat Alloh.

Dari Jarir bin Abdullah Al Bajaliy r.a. ia berkata : Kami pernah duduk bersama Rasululloh sholallahu 'alaihi wa salam, kemudian beliau melihat kearah bulan purnama lalu beliau bersabda : "Sungguh, kalian bakal dapat melihat Robb kalian, sebagaimana kalian melihat rembulan ini, kalian tidak silau untuk melihatnya. Karena itu, jika kalian sanggup tidak meninggalkan  sholat sebelum terbit matahari dan sebelum terbenamnya, maka kerjakanlah sholat itu." (HR. Bukhori dan Muslim).
Dan dalam riwayat yang lain dikatakan : "Beliau melihat bulan pada malam tanggal empat belas."

6. Mendapatkan ganjaran seperti sholat sepanjang malam.

"Barang siapa yang melakukan sholat isya' berjamaah, maka dia seperti manusia yang mengerjakan sholat setengah malam. Barang siapa yang mengerjakan sholat subuh berjamaah, maka dia seperti manusia yang mengerjakan sholat sepanjang malam. (HR. Muslim dari Ustman bin Affan) .

 7. Upaya untuk terhindar dari sifat munafik.

"Tidak ada sholat yang lebih berat (dilaksanakan) bagi orang munafik dari pada sholat subuh dan isya'. Seandainya mereka tahu (keutamaan) yang terdapat di dalamnya, niscaya mereka akan melakukannya kendati dengan merangkak. Sungguh aka telah hendak memerintahkan kepada petugas azan untuk iqomat kemudian aku mengambil bara api dan membakar (rumah) orang yang tidak keluar melaksanakan sholat di masjid." (HR. Bukhori dan Muslim dari Abu Huroiroh).

Dan masih banyak lagi manfaat sholat shubuh dan ashar berjamaah di masjid. Semoga kita dikuatkan Alloh untuk tetap melaksanakan sholat berjamaah di masjid.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar