-->

Jumat, 08 Februari 2013

MEMBUAT GELAS DENGAN BLENDER2.5

Bismillahirrohmaanirrohim.
1.Buka blender3D, hapus cube (objek default) dengan menekan x pada keyboard, lalu klik delete.
2.Buat mesh plane dengan menekan shift+A, klik mesh, klik plane.
3.Tekan numpad 7 untuk melihat dari top view.
4.Pada edit mode, pillih 3 vertices (shift+klik 3 vertices), tekan x, klik delete.
5.Klik vertex yang masih ada, buat gambar seperti di bawah ini dengan klik vertex, ekstrude (tekan e), drag dan drop di daerah yang dikehendaki (NB: ada beberapa cara untuk membuat gelas, tapi di sini kita menggunakan mesh plane).

6.Pilih semua objek (tekan A), tekan numpat 1 untuk melihat gelas dari atas, tempatkan kursor di tempat yang akan menjadi aksis putaran, klik spin pada mesh tool, ubah sudut putaran menjadi 360 derajat, ubah juga nilai stepnya, semakin banyak semakin halus (saya pilih 50), akan menghasilkan gambar sebagai berikut (dalam object mode):
7.Untuk memperhalus, bisa ditambah Subdivision Surface (modifiers, add modifier, subdivision surface, dan atau klik smooth di object tools).
8.Untuk memberi effect gelas, pada material centang transparency, aktifkan raytrace, atur alpha (semakin kecil semakin transparan, disini saya atur 0,0001), IOR (di sini saya pilih 1,3).
9.Agar lebih realistis, kita beri "dinding dan alas". dengan menggunakan mesh plane atau cube (alt+A, pilih mesh, plane/cube, untuk cube, hapus face yang menghalangi gelas).
10.Tekan F12 untuk mengecek hasilnya (render).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar